Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Melatih 8 Kemampuan Intelegensia Manusia

Manusia adalah mahluk paling sempurna yang di ciptakan Tuhan, yang membedakan manusia dengan mahluk ciptaan tuhan adalah manusia diberikan akal dan pikiran untuk mengendalikan hawa nafsu yang juga dimilikinya. Kemampuan berpikir yang kita sebut juga kemampuan inteligensia manusia dapat di bagi menjadi 8 bagiana intelegensi yang meliputi inteligensia linguistik, logis matematis, visual spatial, kinestetik, musikal, naturalis, interpersonal, dan intrapersonal.



Sesuatu yang dibiarkan atau tidak dilatih lama kelamaan akan menurun tingkat penggunaan,manfaat dan kemampuannya,seperti pisau yang bila tidak diasah maka lama kelamaan akan menjadi tumpul dan berkarat, Begitu juga yang terjadi pada kemampuan intelejensi manusia bila tidak diasah kemampuannya akan menurun.


Kedelapan inteligensia ini bisa dan perlu dilatih sehingga otak kita bisa bekerja optimal dan juga kemampuannya bertambah. Semua jenis inteligensia ini bisa dioptimalkan dengan latihan banyak hal yang berbeda-beda sesuai dengan tingkatannya. Pemanfaatan delapan inteligensia ini berarti menyeimbangkan kemampuan otak kanan dan kiri serta juga sedikit banyak dapat mengaktifkan otak penghubung otak kanan dan kiri yaitu otak tengah.


1. Inteligensia linguistik.


Dapat dilatih dan dipertajam dengan banyak membaca, melakukan permainan kata, misalnya pelesetan, berpuisi, berlatih diskusi, dan mengungkapkan sesuatu.Dan usahakan dengan membaca cepat yang berkualitas yaitu membaca cepat akan tetapi otak ampu untuk menyerap inti tulisan atau sebuah artikel yang kita baca.


2. Inteligensia logis matematis.


dapat dilatih dan dimaksimalkan dengan membuat rencana rinci anggaran belanja dan pendapatan pribadi, keluarga, atau perusahaan, menghitung setiap ada kesempatan atau apa pun latihan daya ingat yang terkait dengan bilangan.atau dengan permainan-permainan angka……..kalau saya biasanya melatih dengan permainan sudoku (phoncell) setelah main ingatan dan otak akan terasa segar……..(itu berlaku untuk saya)


3. Inteligensia visual spasial.


Diasah dengan latihan mencorat-coret, menggambar, membaca peta, bermain jigsaw, membongkar benda dan memasang kembali, melakukan apresiasi seni, membuat diagram saat menjelaskan gagasan, membuat denah daerah atau rumah.atau menceritakan suatu peristiwa dengan goresan atau coretan abstrak


4. Inteligensia kinestetik.


Ditempa dengan melakukan olah fisik secara teratur, membuat prakarya, berlatih menari atau berdansa, berlatih mengekspresikan diri dengan gerakan tangan atau bahasa tubuh lain.atau buat kondisi tenang pejamkan mata lalu konsentrasi apa yang dilakukan tubuh kita pada saat kita diam!ikutin gerakan refleksnya jangan sekali-kali melawan,Ini akan baik untuk menyegarkan tubuh sekaligus mempertajam intelegensi kinestetika.


5. Inteligensia musik.


Dikembangkan dengan berlatih memainkan alat musik, menyanyi dengan suara tidak sumbang, mengingat irama lagu, bersiul atau menggumamkan irama lagu, mengingat bunyi tertentu serta menciptakan syair dan nada-nada yang baru…..atau pejamkan mata anda konsentrasi terhadap sebuah lagu lama san peristiwa apa yang anda alami ketika mendengarkan lagu tersebut!ubahlah kedalam energi mpositif bila kenangan itu pahit untuk anda.


6. Inteligensia naturalis.


Dilatih dengan mencintai binatang, mengenal berbagai nama jenis pohon, bunga, tanaman, mempelajari cara kerja tubuh, kehidupan margasatwa, meminati isu-isu sosial, psikologi, biologi, ekologi, dan mempelajarinya.


7. Inteligensia interpersonal.


Dikembangkan dengan bergaul, meminati olahraga tim seperti sepak bola, basket, bridge, membina persahabatan, berlatih berorganisasi, belajar bekerja sama dengan orang lain.


8. Inteligensia intrapersonal.


Dilatih dengan mencari waktu untuk menyendiri, merefleksikan hidup, mengembangkan minat dan hobi, mencoba memahami diri, menetapkan visi dan misi pribadi, mengikuti berbagai latihan untuk mengembangkan diri.


Melatih otak tidak sekadar mengingat. Justru dengan berbagai macam kegiatan yang kita jalani setiap hari, otak akan semakin berkembang karena otak adalah pusat aktivitas dan hidup manusia. Aktiflah selalu, makin aktif makin encer otak Anda. dan yang pasti selalulah bersyukur apa yang anda alami dalam hidup adalah semua kekuasaannya!!



keyword
Melatih 8 Kemampuan Intelegensia Manusia,Melatih 8 Kemampuan Intelegensia Manusia,Melatih 8 Kemampuan Intelegensia Manusia,Melatih 8 Kemampuan Intelegensia Manusia,Melatih 8 Kemampuan Intelegensia Manusia,Melatih 8 Kemampuan Intelegensia Manusia,Melatih 8 Kemampuan Intelegensia Manusia,Melatih 8 Kemampuan Intelegensia Manusia,

Blog yang berisikan segala macam informasi seperti bisnis, investasi, kesehatan, musik, politik, olahraga, dsb. ARTIKEL SELANJUTNYA..... SILAHKAN BERKOMENTAR DITEMPAT YANG DISEDIAKAN, DAN JANGAN SPAM KAWANKU HEHEHE
Mau Berlangganan artikel dan tips bagus dari website ini?? Silahkan daftarkan email anda dibawah ini..

Enter your email address:

Delivered by Pay-pal-indonesia