Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Emas Sebagai Alternatif Investasi

Kalau kita mengikuti perkembangan harga emas belakangan ini maka terlihat adanya kenaikan harga yang signifikan. Bila kita lihat gambar grafik dibawah adalah menunjukkan pergerakan harga emas selama 1 tahun dimana kenaikannya mencapai US$ 300 per ounce, 1 ounce = 31.1034768 grams

Kenaikan harga Emas Dalam 1 TahunClick to enlarge

Lalu kalau kita memperhatikan kenaikan harga emas selama periode yang lebih lama misalnya selama 10 tahun terakhir memang terlihat trend yang terus meningkat seperti grafik dibawah ini

Kenaikan Harga Emas Dalam 10 TahunClick to enlargeEmas tersedia dalam beberapa pilihan yakni antara lain emas perhiasan dan emas batangan atau Logam Mulia (LM).

Bila Anda ber-investasi emas untuk jangka pendek, biasanya akan sulit mendapatkan keuntungan kalau bentuknya emas perhiasan. Ini karena kalau Anda datang ke toko dan membeli emas perhiasan, Anda harus membayar harga emas plus ongkos pembuatannya. Nah, ketika suatu saat Anda menjualnya kembali, maka toko tidak akan mau membayar ongkos pembuatan dari perhiasan emas tersebut. Ia hanya akan membayar harga emasnya saja. Malah, masih untung sebetulnya kalau toko mau menerima emas perhiasan Anda. Beberapa toko kadang-kadang menolak penjualan emas perhiasan dari masyarakat. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Salah satunya adalah karena mereka takut kalau-kalau emas perhiasan itu tidak laku lagi apabila dijual. Jadi, kalaupun mereka membelinya lagi, mereka harus melebur emas tersebut.

Karena itu, investasi dalam bentuk emas perhiasan lebih untung kalau disimpan untuk jangka panjang. Karena biasanya harga emas Anda sudah naik jauh dibanding ketika Anda membelinya.

Emas perhiasan tersedia dalam berbagai macam karat, di antaranya 18 – 24 karat. Untuk investasi, alangkah baiknya bila Anda memilih emas perhiasan senilai 24 karat. Ini karena kemungkinan emas perhiasan Anda bisa dijual kembali jauh lebih besar dibanding emas perhiasan yang 18 karat. Sekali lagi, investasi dalam bentuk emas perhiasan biasanya baru akan memberikan hasil yang menguntungkan dalam jangka panjang, bukan jangka pendek.

Investasi emas yang menurut saya cukup baik adalah investasi emas dalam bentuk batangan (emas logam mulia). Emas ini cukup baik bila dijadikan investasi, dan siapapun tak menyangkal bahwa emas batangan -berbeda dengan emas perhiasan- mudah untuk dijual kembali. Selain itu, emas batangan tidak meminta ongkos pembuatan seperti halnya emas perhiasan. Karena itu, bila Anda ingin melakukan investasi emas, maka tak ada salahnya Anda mempertimbangkan investasi dalam bentuk emas batangan.

Untuk informasi tambahan tentang harga emas yang sesungguhnya anda dapat mengunjungi : http://www.sasak.net/modules/newbb/viewtopic.php?viewmode=flat&topic_id=2750&forum=45

Emas batangan disediakan dalam ukuran 1gr, 2gr, 3gr, 5gr, 10gr, 20gr, 25gr, 50gr dan yang terberat adalah 1kg. Semakin kecil ukurannya maka ongkos pembuatannya menjadi semakin murah. Namun jika anda bermaksud untuk berinvestasi dalam jumlah cukup besar maka membeli emas batangan (LM) dengan pecahan yang kecil akan mengakibatkan jumlah total ongkos yang menjadi lebih besar. Untuk itu sebaiknya anda membeli LM dalam ukuran yang lebih besar untuk memperkecil jumlah total ongkos yang harus dikeluarkan.

Emas batangan dapat diperoleh di kantor Pegadaian, toko perhiasan/ toko emas, dan di PT. Aneka Tambang atau disingkat PT. Antam. Namun PT. Antam yang paling lengkap menyediakan emas dalam bentuk batangan (LM) ini.

Blog yang berisikan segala macam informasi seperti bisnis, investasi, kesehatan, musik, politik, olahraga, dsb. ARTIKEL SELANJUTNYA..... SILAHKAN BERKOMENTAR DITEMPAT YANG DISEDIAKAN, DAN JANGAN SPAM KAWANKU HEHEHE
Mau Berlangganan artikel dan tips bagus dari website ini?? Silahkan daftarkan email anda dibawah ini..

Enter your email address:

Delivered by Pay-pal-indonesia