Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

teknologi komunikasi bawah laut



Kabel komunikasi bawah laut adalah kabel yang diletakkan di bawah laut untuk menghubungkan telekomunikasi antar negara-negara.





Komunikasi kabel bawah laut pertama membawa data telegrafi. Generasi berikutnya membawa komunikasi telepon, dan kemudian data komunikasi. Seluruh kabel modern menggunakan teknologi optik fiber untuuk membawa data digital, yang kemudian juga untuk membawa data telepon, internet, dan juga data pribadi.





Operator telekomunikasi di Indonesia pada era 1990-an sudah menggunakan kabel laut untuk menghubungkan pulau-pulau di Nusantara. Penggunaan kabel laut serat optik memiliki banyak keuntungan dibandingkan menggunakan Digital Micro wave (Radio Terrestrial) yang memiliki keterbatasan pada bandwidth, sehingga trend kedepan penggunaan kabel serat optik akan semakin banyak baik di darat maupun di laut. Penggelaran kabel laut dilakukan oleh kapal kabel (Cableship) yang dirancang khusus untuk menggelar kabel laut, Cableship memiliki keistimewaan, karena tidak dapat menggelar pada lokasi air dangkal, sehingga untuk area air dangkal (Shore End) biasanya menggunakan Barge Cable, yang mampu sampai pada ke dalam air 1 meter.





Sejak 2003, kabel bawah laut telah menghubungkan seluruh benua dunia kecuali Antarktika.


Kabel lauT juga MerupakaN Jaringan / sambungan backbone dari satelite, jadi selain telekomunikasi ke luar nagara tidak hanya menggunakan satelite tapi juga dengan teknologi kabel laut.

kabel yang di gunakan itu sendiri tidak seperti pada kabel umumnya.

tapi yang di gunakan adalah kabel khusus yg terdiri dari komponen2 tertentu. contohnya: memiliki armor/pelindung agar tahan terhadap benturan / gesekan yang ada pada bawah laut. dan jenis kabel yang di gunakan adalah kabel cahaya / kabel optik.

mari kita liat picture kabel secara detail.



pemasangan kabel laut juga menggunakan cableship (kapal laut yang sangat besar dan di khususkan untuk menggelar / laying cable di laut) tapi sebelum di mulai menggelar kabel di laut sebelumnya di adakan survei d dasar laut dengan menggunakan alat atau pun manusia

Blog yang berisikan segala macam informasi seperti bisnis, investasi, kesehatan, musik, politik, olahraga, dsb. ARTIKEL SELANJUTNYA..... SILAHKAN BERKOMENTAR DITEMPAT YANG DISEDIAKAN, DAN JANGAN SPAM KAWANKU HEHEHE
Mau Berlangganan artikel dan tips bagus dari website ini?? Silahkan daftarkan email anda dibawah ini..

Enter your email address:

Delivered by Pay-pal-indonesia