Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Makanan Tambahan Kambing Etawa

dsc01088Pemberian makanan tambahan untuk kambing etawa memanglah perlu apalagi pada saat saat musim kemarau dimana biasanya cadangan untuk hijauan makanan ternak menipis.


Pengalaman yang diterapkan para peternak di lingkungan Desa Donorejo,Somoroto,Pandanrejo,dan desa desa di sekitar sentra kambing etawa ini berasal, biasanya dengan membarikan pakan atau makanan tambahan untuk mengganti nutrisi yang di butuhkan untuk kambing etawa yang berasal dari hijauan pakan ternak.


Pada masa lalu biasanya para peternak dengan sabar dan tradisional membuat sendiri makanan tambahan tersebut dengan bahan bahan yang tersedia di sekitar peternak seperti ketela ubi, ampas tahu, dedak ( katul )


Pemberian makanan tambahan dengan cara tradisional tersebut memanglah belum mengacu stadarisasi kebutuhan gizi dan nutrisi untuk kambing etawa namun masih sekedar karena keterbatasan tersedianya hijauan makanan ternak , para peternak umumnya sederhana sekali membikin makanan tambahan dengan bahan dasar ubi ketela atau singkong yang hanya di kupas kulitnya kemudian di cacah kecil kecil yang selanjutnya di campur dengan ampas tahu jikala ada kalopun tak ada biasanya hanya di campur dengan dedak ( katul ) yang di basahi dengan air garam di campur gula merah secukupnya.


kambing etawa minumanUntuk waktu waktu sekarang sebagian peternak sudah merasa hal tersebut kurang praktis dan jikala tidak hati hati bisa menimbulkan kegemukan yang mengacu pada sulitnya beranak pinak karena kegemukan yang akhirnya membuat terganggunya organ dan hormon reproduksi kambing etawa.


Saat ini telah hadir dan banyak sekali jenis makanan tambahan yang sudah di ramu dalam bentuk konsentrat dan semacamnya seperti beberpa produk yang telah di uji para peternak.



Umumnya makanan tambahan tersebut memiliki bahan bahan dasar yang komplit mulai dari kulit kedelai , tepung jagung, serta bahan lainya.


Makanan tambahan ini di beberapa tempat budidaya ternak kambing etawa sudah bukan lagi hal yang asing dan biasanya malah di berikan secara rutin mengingat tidak semua tempat peternakan dan budidaya kambing etawa memiliki lahan hijauan pakan ternak yang cukup.


Pemberian makanan yang berupa konsentrat atau sejenisnya biasanya di berikan sekali sehari sedangkan porsi untuk per ekor kambing tentulah sangat berbeda beda bergantung berat badan dan usia kambing etawa , secara kasar dan umumnya pemberian konsetrat atau makanan sejenisnya di hitung minimal 3 % sampai maksimal 10% dari berat badan kambing etawa  .


Pemberian Makanan dalam bentuk konsentrasi memang harus menggunakan pedoman pedoman yang benar sebab jikala tidak tentu akan berakibat fatal yang tidak menutup kemungkinan keracunan atau kekenyangan yang berakhir tewasnya ternak .


Berdasar pengalaman saya dalam beternak saya akhirnya membiasakan mengelompokkan kambing berdasar berat badan dalam memberikan makanan jenis konsentrat dan alangkah lebih hati hati jikala pemberian makanan seperti tepung brand ( polar ) tetep di campur dengan potongan rumput gajah atau hijauan yang lainya sebelum di campur air dan sari tetes tebu atau gula merah dan garam, serta timbanglah ternak secara berkala sebulan sekali untuk mengetahui porsi yang di butuhkan.


makanan tambahan ettawaSebenarnya memang ada teori dalam menghitung kebutuhan nutrisi untuk kambing etawa namun teori itu muncul juga berdasarkan hitungan dari pengujian praktek di lapangan yang tentu mengacu pada kelayakan.


Jikala anda memiliki keinginan beternak sementara lahan pakan belum mencukupi ataupun tak memiliki lahan yang luas untuk hijauan pakan ternak tentu sja tak akan menyurutkan niat untuk beternak setelah mengetahui mengenai pemberian pakan pengganti hijauan.


selamat beternak dan salam sukses untuk peternak indonesia



Tags: Analisa Usaha Budidaya Kambing Etawa, cempe kambing, Donorejo, etawa, ettawa, goat, goat breed, investasi kambing etawa, jamnapari, jual kambing akikah, kabupaten purworejo, Kaligesing, Kambing Etawa, kambing peranakan etawa, kulon progo, pe, pembiakan kambing, peternakan kambing, peternakan kambing etawa, somoroto

Blog yang berisikan segala macam informasi seperti bisnis, investasi, kesehatan, musik, politik, olahraga, dsb. ARTIKEL SELANJUTNYA..... SILAHKAN BERKOMENTAR DITEMPAT YANG DISEDIAKAN, DAN JANGAN SPAM KAWANKU HEHEHE
Mau Berlangganan artikel dan tips bagus dari website ini?? Silahkan daftarkan email anda dibawah ini..

Enter your email address:

Delivered by Pay-pal-indonesia