Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Manfaat Asi Sangat Penting Bagi Anak

Kita semua tahu bahwa anak adalah sumber daya manusia, yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa. Kita pun sadar bahwa anak harus sehat agar nantinya berkualitas. Dan, jawaban untuk itu ada pada pemberian ASI (air susu ibu).

Sebab, pembentukan sel-sel otak sudah dimulai sejak di masa kehamilan dan dilan-jutkan sesudah bayi lahir. Jelas, kondisi si ibu hamil harus optimal. Artinya, kebutuhan akan protein, zat besi, folat, vitamin C, dan vitamin B Kompleks harus tercukupi. Cukupnya kebutuhan itu akan membuat janin tidak cacat.

Sayangnya, ibu-ibu hamil di Indonesia ini sekitar 63,5%-nya menderita anemia zat besi. Padahal, sumber protein dan kebutuhan yang lainnya itu bisa didapat dari slogan 'Empat Sehat Lima Sempurna'. Semisal, sayuran, ikan, tempe, susu, telur, dan sebagainya.

“Air susu ibu mengandung segala macam unsur yang dibutuhkan. Itulah sebabnya, kita selalu. menyarankan agar memberikan ASI kepada bayi," ujar Kepala Direktorat
Drs. Sonny Kodyat MPA:°Begitu banyak masalah gizi." Gizi Bina Masyarakat Depkes, Drs. Benny Kodyat MPA.

Yang sangat disesalkan oleh Benny, khususnya terjadi pada ibuibu yang bekerja-- mereka tidak mementingkan lagi ASI. Pemberian ASI pun selagi masih cuti. Tak jarang pula, bayi langsung' diberi susu buatan.

"apa ibu-ibu sekarang sengaja menciptakan anaknya menjadi anak sapi daripada anak manusia? Belum lagi, kalau susu sapi kan harus beli, sedang AS[ sudah disediakan oleh Tuhan"

Menurut Benny, bila kecenderungan ini terjadi karena meniru wanita di negara maju, itu tidaklah benar. Sebab, ibu-ibu di negara maju meski wanita karier ASI selalu diberikan sesuai dengan anjuran dokter, yaitu paling tidak selama 4 bulan. Lalu, bagaimana caranya?

Sebenarnya, itu sangat sederhana. Sebelum berangkat kerja, sang ibu memompakan susunya ke dalam botol susu. Lalu, disimpan ke dalam lemari es. Di siang hari, bila payudara terasa kencang karena air susu penuh, mereka memompakannya ke dalam botol susu pula. Lalu, botol itu dititipkan di lemari es milik kantinnya. "Sore harinya, botol susu itu dibawa pulang dan diberikan kepada bayinya," ungkap Benny lebih lanjut.

Nah, bila anak Anda tidak ingin dikatakan 'anak sapi', coba tiru cara wanita karier di negara maju itu. Tidak susah, bukan?

Di kutip dari:
Majalah Higina


keyword
Manfaat Asi Sangat Penting Bagi Anak ,Manfaat Asi Sangat Penting Bagi Anak Manfaat Asi Sangat Penting Bagi Anak ,Manfaat Asi Sangat Penting Bagi Anak

Blog yang berisikan segala macam informasi seperti bisnis, investasi, kesehatan, musik, politik, olahraga, dsb. ARTIKEL SELANJUTNYA..... SILAHKAN BERKOMENTAR DITEMPAT YANG DISEDIAKAN, DAN JANGAN SPAM KAWANKU HEHEHE
Mau Berlangganan artikel dan tips bagus dari website ini?? Silahkan daftarkan email anda dibawah ini..

Enter your email address:

Delivered by Pay-pal-indonesia