Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

M@ding berdarah

Mading Berdarah
Oleh: Setiawan Chogah

Satu hal yang gak bakalan gue lupain sepanjang hayat masih di kandung badan. Masa-masa suram dan penuh penderitaan yang gue alamin. Masa-masa remaja yang seharusnya dilewatin dengan fun n hepi. Pokoknya, setiap gue inget kejadian terkejam sepanjang abad itu, gue bakal menjerit histeris, ngacak-ngacak rambut gue, trus lari-lari di loteng dengan posisi kepala ke bawah. Lho, kok kayak orang kesurupan? hehehe. Pendek kata , waktu itu gue ngerasa hidup gue bakal berakhir sampai di situ.
Semuanya berawal dengan dinobatkannya gue sebagai SekBid mading periode 2010 dari kabinet REAKTOR Bersatu. Yah, sebagai mahasiswa yang bertanggung jawab, gue mencoba menjalankan profesi baru gue ini yang sering bikin orang-orang iri. Ya iyalah, udah ganteng pengurus OSIS lagi. Suster ngesot aja bakalan naksir sama gue. Pokoknya gue bakal ngebuktiin kalo gue juga punya jiwa Leadership. Terutama sama Si Andricko yang selalu meremehkan anak-anak kelas teri kayak gue.
“Deeed…deeeet..ded..ded…hihihi” Si Suster bakal manggil nama gue dari kejauhan dengan tangan melambai-lambai.. Trus gue yang lagi enak-enaknya berjalan dengan seksinya berhenti sejenak. Gue muter muka gue ke arah suster ngesot dengan pelan. Rambut gue yang gak beda-beda amat sama rambutnya Tao Ming Se dibelai-belai oleh angin. Wuih, keren abis…
“Shancaiiiiiiii…..”, gue berlari kearah suster. Si suster pun gak mau kalah. Dia menambah kecepatan ngesotnya menjadi 80 Km/ jam (Berapa jarak yang ditempuh Suster dalam waktu 2 sekon dengan kecepatan konstan?) Alah..sok mikir loe!
Begitu sampai di hadapan Suster ngesot, gue natap matanya yang berlinang-linang. Gue jadi terharu.
“Kamu..ka..ka..mu, kamu Shanchai yang…?’
“Heh,,gue tuh Sunarti, Bego’..Gue mati dianiaya sama cowok gue waktu makan molen..Tega amat tuch cowok,,eh Ded bagi gopek dong. Udah dua hari gak makan nih!”
Anjriit! Ternyata itu setannya Si Sunarti yang mati karena dianiaya pas kelapaeran.
Eh,..prasaannya tadi kita ngomongin gue yang jadi SekBid mading dech. Ok cuy we’ll back. Setelah jadi pengurus mading, gue berevolusi jadi makhluk yang super sibuk. Mulai dari masangin pengumuman di kaca-kaca kelas, kaca ruangan kajur, takol, sampe ke pintu WC. Gue juga harus ngumpulin karya-karyanya mahasiswa banyak kerjaan (Disela-sela ngerjain laporan masi sempatnya bikin puisi, hehe. Red), ngedit, en nempelin tuch karya-karya. Untungnya gue gak sendirian. Gue ditemenin oleh Syawelly yang notabene adalah sahabat prangko gue. Kemana-mana kita slalu bersama. Makan bersama, minum bersama, en eek juga bersama. Lo bayangin dech gue manggil-manggil Welly pas ngerasa sakit perut.
Wellyyyyy…well..eek yuk!”
Gue juga ada Diki si raja kutu. Maksudnya kutu buku. Dengan kaca mata pantat botol sirup doang cukup membuat penampilan Diki bak seorang bartender..Lho? Jaka Sembung doyang kedondong. Gak nyambung BENCOOONG! Makanya gue gak ragu lagi kalo doski adalah partner yang cocok buat gue dalam hal ini. Juga ada Riri dan Siska yang menurut gue imut vs amit. Niat gue yang awalnya mau nge-dit karyanya anak-anak jadi pengen nge-date ama Riri yang imut-imut.. Beruntung gue dilahirin sebagai anak laki-laki yang soleh dengan nama ada embel-embel setianya. Yang jelas bukan setiawati lho. So, gue harus menjaga kesucian nama baik gue itu agar gak terkontaminasi oleh virus-virus perselingkuhan. Sekarang kan lagi bomingnya gaya selingkuhan anang ( artis nanggung. Red ) Hihihihi. Kalo gue ingat mereka semua, gue bakal ketawa ngikik kayak kuntilanak kelindas gerobak sampah. Udah jelek, bau lagi. Tragis!
Oya, begini bunyi pengumuman yang gue buat:
“ATTENTION PLIZ”
Bagi Loe2 yang pengen unjuk GIGi di MadING
REAKTOR. Silahkan KiRiM KarYa2 terBAIK Loe ke SekBid Mading!
Jangan LUPA sertakan UAng PeliCiN kalo Loe
Pengen KARYA lo di-eDIT sama “DedDie SetiawAN”
SI GANTENG dari LobANg PAntat.
TriMs..
***
Satu minggu menjabat sebagai SekBid mading. Gue, welly, Diki, ama Riri n Siska ketiban karya-karya yang menggunung. Setelah kita-kita chek, gak sedikit dari karya-karya itu yang bikin gue keki setengah jiwa. Masa ada yang tega-teganya masukin tissue bekas lap ingus ! Tega nian….
“Eh…kok gak ada yang bagus yah? Ni puisi cemen-cemen semua”, Syawelly mengomentari puisi-puisi yang habis dia baca.
“Ah masa sich? Lo baca smua dulu geh” kata gue.
“Beneeer…! Smuanya gak ada punya power. Siapa yang mo ngebaca coba? Kalo smua puisi-puisinya kayak gini”.
“Maksud lo Well?”
“Iyaa… Lo baca dech, smuanya gak ada yang bisa diapresiasai. Gak punya kekuatan. Kalo bikin puisi ma artikel kayak gini mah nenek gue juga bisa!”
Gue mencomot beberapa lembar kertas dari tangan Syawelly. Dengan maksain gue coba buat pasang muka serius bak seorang juri kontes-kontes di TV itu.
“Lho, ini kan bagus Well? Coba dech lo liat!” gue menyerahkan selembar kertas bergambar Monocoro Boo pada Welly”
CARA INSTAN JADI ANAK BAND
Syawelly ngangguk-ngangguk sambil geleng-geleng.
“Bagus khan? Iya dong, bagus lho…” gue mencoba meyakinkan Welly yang gue liat mendadak jadi anak dugem. Tuch bocah kembali ngangguk-ngangguk.
“Yes…Yes…!” Gue jingkrak-jingkrak karna berhasil menemukan artikel yang bagus.
“GAK!...gue kan udah bilang, nenek gue juga jago bikin artikel sampah kayak gini”
Hening…
Statement Si Welly barusan bikin kehidupan terhenti beberapa saat.. Dalam hati gue berpikir, jangan-jangan neneknya Syawelly mantan Rocker? Wkwkwk…gue nyengir kayak nahan boker.
“Tus gimana dong bang? Riri yang dari tadi bungkam mulai angkat bicara.
“Taw dech..”
“Lho, kok taw dech. Sis gimana dong?”
“Siiiis, hoy Sis…”
Ya Allah, nich bocah malah mendengkur.
“SISKAAAAAA…”
Kita semua putus asa. Gue ngeliat Diki gantungin lehernya di gagang pintu, Syawelly nelan gunting plus lem Dlukol dua botol, sementara Siska dan Riri lomba ngesot menuju rumahnya masing. Sebuah pemandangan yang semakin membuat hati gue miris. Hidup ini kejam.
“Ded…deed!”
Gue masih melihat aksi Siska dan Riri yang gue nilai paling dramatis. Sehingga gue gak mau Syawelly membuat adegan ini terlewatkan sia-sia.
“Ih, apaan lagi sich loe”
“Gue nambah dua botol lagi dong!”

“Syaweeeel, Plis dech!”…”
Akhirnya gue n Syawelly mutusin untuk nampilin beberapa karya ajah. Yah, lumayan baguslah.
Bunga
Karya: Marcelia Crenata
Bunga…
Kau begitu indah
Di Taman sekolah
Bunga…
Warnamu amat banyak
Ada ungu, merah, jingga, vanilla, stroberry,coklat, dan laen-laen
Bunga…Oh Bunga
Betapa aku sayang kamu.
Gue langsung muntah setelah membaca sepotong tinja, eh puisi di kertas pink bergambar bunga.
***
Pagi begitu indah. Mentari baru saja melancarkan rayuan pada awan-awan yang bergerak pelan dicumbu angin. Gue senyum-senyum najong di sudut kelas. Gue yakin hari ini suasana Kampus bakal laen. Cihuuyy…Gue ama genk Reaktor Bersatu bakal ngelounching karya-karyanya takoler sampe para akper ( Anak Perpus. Red ). Pasti bakal heboh dech, soalnya yang kita tampilin semuanya karya-karya yang unik bin ajaib.
“Allahuakbar… Allahuakbar….” Adzan menggema dari masjid kampus. Udah Dzuhur. Semua artikel yang unik-unik udah selesia di tempel. Hati gue dag dig dug gak karuan. Detik-detik yang menegangkan itu bakal segera datang. Dimana semua orang bakal berdecak kagum sama kinerja gue, Welly, Diki, tentu saja juga Riri VS Siska.
“Waah,,ternyata Dedi itu Oke juga yah?”
“Iya yah, dia sukses jadi ketua mading”
“Ih, Waaaw.. itu kan kan puisi gue yang diedit sama Dedi”
“Dediiii…minta tanda tangan doooong..!”
Gue senyum-senyum sendiri di class corner, tempat kesayangan gue sambil merangkai mimpi.
Gue milih pojok kelas bukan gak ada alasan. Kalo gue milih duduk di depan, otomatis kesempatan gue buat curi-curi kesempatan bakal ilang. Akibatnaya gue gak bisa ngejawab soal-soal ulangan. Trus nilai gue anjlok smua. Ujung-ujungnya gue DO. Oh tidak! Gue rasa sebuah keputusan yang amat tak berperikemanusiaan kalo suatu hari nanti gue dipaksa untuk duduk di depan. Apalagi semenjak tragedi nasakom yang gue alami semester lalu. Nilai terbiadab nangkring dengan manisnya pada mata kuliah kalkulus I. “ E ” . Semenjak itu gue lebih memilih pingsang 2 SKS dari pada harus mendengar Bu Clara berkata dengan manis “ Adek yang baju merah, kerjakan soal nomor 3 ke depan!” GUBRAK…!!!!
Sebenarnya gue mau jadi mahasiswa yang disayangi para dosen, temen yang dicintai oleh semua orang. Apalagi disenengin sama cewek-cewek…Waw..mimpi amat sich gue.
“PRAAAK!”
Gue terbelalak…suara apaan tuch?
Ternyata di depan gue udah ada makhluk yang paling menakutkan seantero kampus…Andricko Guetamala…anak Takol yang kejamnya melebihi kejamban. Tercatat doski adalah pelopor gerakan tembak dinding kalo lagi kebelet pipis, pembunuhan terhadap tiga ekor anak kucing ibu kantin, membakar studio Band Kampus, dan yang terakhir ngumpetin kaca matanya bu Clara, dosen Kalkulus yang terkenal paling sadis.
“Heh, Curut! Lo yang namanya Dedi Setiawati? Dia berteriak tepat di muka baby face gue.
“Bu…bukaaan, bang!”
‘Alah, jangan boong loe!”
“Be..bener bang, saya gak boong, saya Dedi Setiawan ajah, gak pake Wati”
“Alah, masa bodo. Mo pake Wati kek, mo pake budi kek. Lo bermasalah sama gue!”
Si Guetamala seenaknya gonta-ganti nama gue. Tapi gue gak bisa protes apa-apa. Soalnya gue gak mau dibuat pergedel ama Si Mala.
“Lo tau siapa yang bikin tulisan ini?” Si Mala binti Gorilla nempelin secarik kertas ke muka gue. Bushet..baunya aneh banget, rada-rada basah lagi.
“Bang, kok kertasnya bau pesing?” Gue maksain buat nanya.
“Lo piker ajah ndiri, Bego!”
“Ya, Allah. Lindungilah Hamba yang daif ini” Derdoa adalah satu-satunya yang bisa gue lakuin saat ini. Gue bener-bener berada dalam emergency situation. Sungguh menakutkan.
“Ayo jawab! Tulisan ini siapa yang buat?”
CARA MALA JADI ANAK BANDot
“Sa…ya gak tau bang!” Gue gemetaran.
“PLAAAK…BRUUUK!”
“Auuu….” Gue menjerit tertahan. Sebongkah bogem mentah mendarat di muka gue. Punya power banget. Perih. Syawell….Help me, Dudul!
Gila! Gue kena tonjok. Ini bener-bener gila…!
Tiba-tiba gue merasa pusing banget. Kepala gue senyut-senyut mau meledak. Tapi sebelum semuanya buyar. Gue masih sempat mengajukan pertanyaan gue yang terakhir.
“Bener gak sich, suatu kerjaan bakal ancur kalo dikerjain sama orang yang bukan ahlinya kayak gue?”
Gue gak tau nanya sama siapa. Sebab, setelah itu gue berhasil pingsan dengan suksesnya.

Serang, April 2009

Blog yang berisikan segala macam informasi seperti bisnis, investasi, kesehatan, musik, politik, olahraga, dsb. ARTIKEL SELANJUTNYA..... SILAHKAN BERKOMENTAR DITEMPAT YANG DISEDIAKAN, DAN JANGAN SPAM KAWANKU HEHEHE
Mau Berlangganan artikel dan tips bagus dari website ini?? Silahkan daftarkan email anda dibawah ini..

Enter your email address:

Delivered by Pay-pal-indonesia