Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

I Love You, Chal..,,,

I Love You, Chal..
Oleh: Setiawan Chogah


Buk…buk. Untuk kedua kalinya guling dengan motif Sipadan- Ligitan buatan Chalid mendarat di tubuh tunjol kesayangan ku. Tulang menonjol.
"Bangun…bangun..Oiii..banguuuun!'
"Aghhhh…setan loe, Chal!", aku kembali mencari posisi pewe buat ngelanjutin petualangan yang sempat pending gara-gara teriakan setan dengki. Huh, sebel.
Buk..buk..Auuww..!Lagi-lagi guling sialan itu mendarat dengan manisnya. Kali ini disertai dengan pekikku yang membahana. Bagaimana tidak coba? Kali ini serangan Chalid si raja ngiler tepat mengenai sasaran. Aku terkapar dengan biadabnya setelah jurus Tambun Tulang Menangkal Guling yang merupakan jurus andalanku di pagi hari bernilai sia-sia. Mau gak mau aku harus ikhas jerawat tersayang yang nongol di puncak idung menemuin ajalnya di usia dini. Gila, sakit banget, sampai-sampai semua penghuni kost-kostan pada mencret. Gara-gara teriakan ku kali ya? Ya gak lah. Itumah kerjaanya si Sari, karyawan baru bu Atun Takol yang sok ngerasa paling seksi sejagat raya. Bayangin aja, masa ngebikin kuah ketoprak aja pake joget-joget segala. Kalo sekedar jaiponagan ,It's Ok lah.. Tapi yang ini kalo Inul aja ngeliat, bakalan ciut dech, saking gilanya goyangaan si Sari. Mana ada orang yang berani goyang sampe jungkir balik ama praktetin sikap lilin segala. Kali aja tuh ketoprak udah nyampur ama asem keteknya si Sari.Hehehe.
"Bangun..bangun.Oii Banguun, Tengkobertunjol!". Bushet tuh makhluk ternyata belun nyerah. Malah pake-pake Tengkobertunjol lagi. Tegkorak Berjalan Tulang Menonjol kali ya artinya? Huh keki banget.
"Iiiiih, mangnya dah jam brapa sich? Napsu amat Lo!",
"Niiih..lo liat!" Chalid kembali menghajar ku. Kali ini jam dinding Mickey Mouse warna pink ku yang jadi korban keganasan tuch makluk.
Bau pesing pelan-pelan menggerogoti paraduan ku. Idung seksi yang aku miliki terpaksa kembang-kempis buat memastikan bau pesing yang datang tak diundang. Kayak Jailangkung aja tuh bau. Aku mengambil napas lebih dalam. Jangan-jangan indra penciuman ku error akibat penyiksaan guling biadab yang barusan aku alami.
"Ya,Oloh, masih kasak-kusuk,clingak- clinguk kayak kambing birahi aja loe. Cepetan bangun, Dodol! Udah jam 6 taw."
"Hehehe, Chal..aku ngompol,"
"Whaaat?!!"
"Hmm…hehe,Yah,,N..g…o..m…p…o…l"
Chalid kayak baru nyicipin asem ketek ngeliat aku nyengir dengan tampang tak berdosa.
Sebelum terjadi penyiksaan lebih lanjut, aku buru-buru mempersiapkan ajian pamungkas dalam keadaan darurat seperti ini. Secepat kilat sarung gajah duduk bau pesing mendarat di muka imut-imutnya Chalid disertai jurus langkah seribu, andalan ku yang tinggal satu-satunya.
"Tengkober Anjrooot! Gue sumpahin anak cucu loe tulang smua tujuh turunan, Dodol." Sebuah kata-kata terkejam mengiringi kepergian ku sambil jingkrak-jingkrak ke kamar mandi.
***
Pebruari yang kelabu. Udara terasa lembab, selembab kasur yang aku pipisin tadi malam. Di langit sana matahari seakan tak berdaya menghadapi cumbuan mendung. “Gila! Mana stok celana dalam gue tinggal satu-satunya lagi. Kalo begini ceritanya bisa-bisa gue jadi raja ngemis lagi nih di depan si Chalid. Mengeluarkan seluruh bakat akting dekil bin kumal gue demi sehelai celana dalam. OMg, jangan sampe dech…” Aku membatin
Aku masih terpaku pada tatapan panjang. Menembus tajam perbukitan Puncak Palem yang berdiri gagah. Aku terus memembus dan menembus. Sesekali menukik,,ciuuut…Akhirnya aku sampai pada puncak lamunan aku yang amat memprihatinkan.
Yaa Tuhan, inikan udah minggu kedua bulan Februari. Tapi kiriman dari kampung belum juga datang. Bisa bener-bener kejadian nih sumpah si Chalid tadi pagi. Gue mati akibat ngisep darah sendiri ampe tinggal kulit pembalut tulang.Hihihi, aku ngeri sendiri.
Gue harus ngelakuin sesuatu buat mempertahankan hidup gue sebagai komponen dari sebuah ekosistem. Ciellah, Apa gue keluarin tinta aja ya? hehe Cumi-cumi kale..
Aku ngambil napas panjang. Sebab, itu merupakan satu-satunya solusi yang berhasil didefinisikan oleh otak oon aku dalam situasi serumit ini. Lebih rumit dari pertanyaan bahasa Inggris Mr. Dokar kemaren siang. Dosen aku yang diduga mengalami mutasi setelah ke dalam tubuhnya disisipkan DNA kuda. Gimana nggak coba, masa dia nanyain pertanyaan anak SD, cuma gara-gara aku ngelamun pas mata kuliahnya yang sangat tak kondusif untk calon-calon Insinyur seperti kami.
"Parno Supardiii!"
Aku diem aja.
"Beeeeer, Hello Mr. Kober Ar yu wit mi?", Buset, tuh makhluk ikut-ikutan manggil aku Tengkober. Ini gara-gara bakteri Anjrotus Baccilusnya si Chalid nih. Tuh dosen kusir jadi ketularan.
"Oh..oh..augh..ough.. Yes Sir. Sure, I am with U always", jawab ku sambil kusek-kucek jidat plus mendesah ala setan tejepit pingset.
"Hey..why yu pake desah-desah like that?"
Aku jadi kikuk karena ketauan lagi ngelamunin kambing bu kokom, tetangga sebelah kosan yang tadi pagi lagi mesum ( yang mesun kambingnya atau bu Kokomnya, hayo? )
"Mengapa why selalu always, Come On…!"
Aku pura-pura lagi mikir layaknya tengah mengikuti kuis who wants to be a millioner
"Alaah, it's easy Kusir, egh Sir,,ya karena because tu gak pernah neverlah,masa neper dunk?", jawab aku asem.
"Hehehe". Tuh dosen langsung nyengir. Persis kayak namanya Mr. Dokar binti Kuda Nil..Hihihi..Aku tetawa puas dalam hati.
Hufff…Aku lagi-lagi hanya bisa menarik napas dalam-dalam. Kemudian menghembuskanya ke udara. Crooot. Gila! Bau apaan nih? Refleks aku citeka-citeki alias cium ketek kanan cium ketek kiri. Merasa menemukan bau yang tidak sama persis, aku mencoba membuktikan praduga terakhir. Tentu saja dengan peralatan super easy en simple. Yap! Jari telunjuk ku langsung beraksi dengan gemulainya di lobang hidung ku. Ngupil is my life, guys. Siapa taw kan? Coz, tuh pertambangan emas 0,24 karat udah satu minggu gak gw urusin. Weeeeaak.
Yaa Oloh,Ternyata setelah kedua hipotesa ku gak terbukti, akhirnya aku menemukan jawabannya. Hahahaha….preeet, aku belon gosok gigi tauk!
Gimana mau gosok gigi nek, tadi pagi kan abis perang ama si Chalid. Jadi sori-sori aja ya mohon-mohon minta odol gratisan. Yah, disamping aku gak mau mengalami KDRT (Kekerasan Dalam Ruang Tidur) Akibat insiden kamar lautan pipis, aku juga udah muka badak ngandalin bakat gembel ku sama Chalid. Mana stok bakat ku udah menipis, just for seupil odol? Oh no, betapa kejamnya dunia ini, lebih kejam dari kejamban. Belum lagi persediaan Sancay (Sabun Cair) yang tinggal wanginya doang. Terang aja tadi pagi ibu kost nemuin aku terkapar tak berdaya di kamar mandi. Hasil aotopsi sih katanya aku kehabisan energi buat ngeluarin sisa-sisa Sanchai dari kemasannya. Hahaha, betapa malangnya nasip loe Beer. Ups!
***
Aku mengeliat dengan seksi. Trak..trak... Sendi-sendi ku mengeluarikan irama orkestra yang lumayan merdu. Saking banyaknya tulang kali ya?
"Hooi..ngelamun aja loe..Jreng..jreeeng..tunet..tunet.."
"Preeet kodok, monyet, setan nyesot, kecoak bunting, bapak lo!" Huf...napas ku ngos-ngosan . Swear, aku kaget setengah mati akibat suara petir si Chalid edan. Ya iyalah aku langsung kekuarin jurus kebun binatang kesamber gledek ku.. Dari pada aku harus ngerelain tulang-tulang indah di tubuh ku berserakan dengan biadabnya.
"Gila loe sob. Kalo tadi gue pingsan, trus mengap-mengap kayak sapi ayan karena nahan napsu di tengah jalan ketabrak kereta, gimana coba? Loe mau ngasih gue napas buatan?" Aku langsung serbu Chalid tanpa ampun.
"Yah, loe sih. Hari gini masih ngelamun? Loe nyadar gak sih Men? Skarang tuh dah Dua Ribu Sepuluh, Sob,,dua Ribu Sepuluuuh. Gak asik banget sih loe." Bushet. Si chalid masih sempet-sempetnya ngebilangin aku gak asik? Sungguh sebuah labelling yang teramat kejam dan tak berperikemahasiswaan. Dia gak tau kali ya, kalo temennya yang ganteng, cool, and gudangnya tulang-berulang ini tengah menjelma menjadi makhluk termiskin. Seandainya saja tuh diadain kontes Miss Indonesianpoor. Wah, udah pasti tuh aku yang jadi pemenangnya. Hihihi, gak kebayang dech aku lenggak lengkok sambil melambai-lambaikan kaki dengan kostum Miss gembel.
Aku diam seribu kata, ngebiarin si Chalid hanyut dalam belaian angin yang mulai berhembus sepoi. Langit kelihatannya sudah mulai bercahaya menghalau mendung yang tadi lebih mendung dari jiwa ku yang merana. Moga-moga aja hari ini gak ujan lagi. Yakin dech, CD ku tinggal satu-satunya. Aku gak mau gejala ngemisindrom yang aku alami beberapa hari ini kambuh lagi. Malu donk. Hehehe...Ternyata loe masih punya kemaluan Beer. Bathin ku diem-diem.
"Eh, Tengkober,loe dah makan belon?"
"Makan apaan? Makanan dari Hongkong?"
"Yah, makan nasilah, dodol. Masa makan taidunk!"
Aku bimoli denger omongannya si Chalid. Dia sih enak tiap bulan ketiban kiriman dari bonyoknya yang kaya raya. On time juga tuch. Siapa sih yang gak mau. Terlahir dari keluarga sejahtera, damai, aman, dan sentosa kayak keluarganya si Chalid? Aku bukanya nyesel sich, walaupun amak en abak ku di kampuang nan Jauah di mato sering ngutang buat ngebayarin skulfee ama kebutuan ku laennya. Tapi setidaknya aku bangga terlahir dari keluaraga yang sakinah, mawaddah, en warohmah..., kayak keluarga aku.Hehehe.
"Makan yuk!"
Seerrr...darah aku berdesir. Tubuh ku panas dingin, trus aku cuma nyengir kayak kayak bintang iklan odol cap Sundel Bolong.
"Yaa, Oloh..malah nyegir kayak kuda lumping birahi aja loe"
"Loe aja dech, gue lagi bokek nih"
"Loe tenang aja, Meeen, Mumpung gue lagi tebel en baik hati nih, mau kagak?"
"Hehehe...mau..mau..", aku jadi kikuk sambil mengeliat ala cacing kepanasan. Akhirnya jiwa dermawannya si Chalid nyelamatin aku dari kelaparan. Sebenernya temen ku yang satu ini baik banget deh. Baik buat bahan percobaan anatomi di laboratorium Biologi. Soalnya tuh anak sehat banget. Dari pada aku, Cuma bisa jadi pajangan rangka manusia doang. Oh, my body. How poor U are...
Dua piring ketoprak Bu Atun ditambah empat buah bakwan super buatan si Sari lumayan cukup buat menghentikan pemberontakan yang dilakukan organ-organ pencernaan ku.
"Chal..gue boleh nambah lagi nggak? Tanggung tuh, bakwannya tinggal atu lagi." Aku merajuk.
"Hmm.."
Si Chalid baek banget hari ini. Tumben. Bodo ah, yang penting aku harus menghentikan penyiksaan usus-usus ku yang dari tadi gak beroperasi. Kali aja ya, si Chalid udah nyadar kalo aku tuh satu-satunya temennya dia yang paling setia, baik hati, dan ramah lingkungan. Jadi, dia mungkin mau nebus dosa-dosanya selama ini.
"Chal, loe ternyata baik banget ya sama gue. Srius gue nyesel banget dah ngejailin loe selama ini. Maapin gue ya". Mata ku terasa mulai berkaca-kaca.
"Ah, santai aja kali. Lagian gunanya seorang sahabat mang buat bantuain kalo kita lagi susah. Ya gak?"
Aku nganguk-ngangguk aja berusaha agar si Chalid gak ngeliat kalo aku udah mau nangis ngedenger kata-kata bijaknya dia.
" Iiiihh, Loe nangis ya?" Bushet ketauan juga akhirnya.
"Gue terharu banget Chal. Tenyata di zaman sekarang ini masih ada orang yang sebaik lo". Iiih.. kata-kata ku basi banget ya?
"Loe jadi ngingetin gue sama nenek gue aja, Beer. Udah ah, biasa aja sich"
"Tapi Chal, gue bener-bener merasa bersalah ama loe".
"Gue juga minta maap ya, udah jahat banget sama loe, sering nyiksa loe pake guling bau jigong gue. Sebenernya gue juga udah punya rencana buat memutilasi loe pake gergaji. Tapi ternyata gue gak sanggup ngelakuin itu"
"Knapa?" Aku sempet down ngedenger pengakuan sadisnyanya si Chalid. Tapi berhubung aku lagi kenyang, niat ku buat pingsan terpaksa aku pending dulu.
"Loe mau tau knapa?" Suasana terasa mulai romantis. Apalagi angin bertiup pelan-pelan membelai rambut ku. Ditambah suara gemericik air cuci piringnya Bu Atun yang begitu syahdu, membuat ku jadi ingin menangis meraung-raung.
" Sebab...Loe satu-satu teman terbaik yang pernah aku miliki, Beer"
“Hiks.. ng…ng….. ng…. Cha…llll”
Tangis ku bener-bener pecah. Aku gak tahan denger Chalid ngomong kayak barusan. Aku langsung merangkul dia ke pelukan aku. Oh..Chal, I Love You My Friend. Suasana hening sejenak. Aku dan Chalid sama-sama hanyut dalam perasaan masing-masing. Isak tangis ku mulai mereda digantikan kicauan burung-burung takol. Sepertinya mereka bahagia banget ngeliat aku ama Chalid damai kayak gini.
"Gue minta maap lagi ya, Beer" Tiba-tiba Chalid memecah keheningan.
"Iya..gue udah maapin loe kok, lagian tadi loe kan udah minta maap juga", jawab ku sambil menyapu sisa-sisa kristal yang tadi sempat tumpah dari kelopak mata ku.
"Tapi ini buat kesalahan gue yang laen"
"Kesalahan loe yang laen? Maksud loe?"
Chalid garuk-garuk kepala. Perlahan doski buka mulut sambil bawa batu bata, eh terbata-bata.
"U...uuu.. ang yang bu...at bayar ketoprak ama bakwan tadi itu…..”
Aku nahan napas, tiba-tiba perasaan ku gak enak banget. Saking gak enaknya, kalo bangkai ku kececer di jalanan, anjing pun gak balalan ngelirik kali ya?
"Whaaat…?"
"Iya, itu uang loe, tadi ibu kost nitip ke gue. Katanya tuch kiriman dari bokab loe"
Bruuuk! Aku keburu pingsan sebelum Chalid ngejelasin semuanya.

Serang, Pebruari 2010
Buat sobat aku nan jauh di Padang sana. I Love U all, Guys


BIODATA
Nama : Dedi Setiawan
TTL : Padang, 02 Desember 1988
Pekerjaan : Mahasiswa Teknik Industri UNTIRTA 2008
Alamat : Poto Copy Sinar Pelita
Jln. Trip Jamaksari, Bungur Indah, Serang
Hp : 085287254981

Pernah tercatat sebagai anggota Sanggar Sastra Siswa Indonesia Kab. Agam Sumatera Barat di bawah asuhan Bpk. Taufik Ismail tahun 2007. Berberapa karya saya berupa cerpen dan puisi pernah dimuat di P’Mails ( Sisipan Padang Ekpress Minggu ), dengan menulis saya ingin menjadi salah satu bukti dari sekian banyak Mahasiswa Teknik yang bisa berkiprah di dunia literasi.

Blog yang berisikan segala macam informasi seperti bisnis, investasi, kesehatan, musik, politik, olahraga, dsb. ARTIKEL SELANJUTNYA..... SILAHKAN BERKOMENTAR DITEMPAT YANG DISEDIAKAN, DAN JANGAN SPAM KAWANKU HEHEHE
Mau Berlangganan artikel dan tips bagus dari website ini?? Silahkan daftarkan email anda dibawah ini..

Enter your email address:

Delivered by Pay-pal-indonesia