Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Pantai lombang

Pantai lombang terletak di Desa Lombang, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Madura, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Di kabupaten yang pernah menjadi pusat pemerintahan Keraton Sumenep ini, terdapat sebuah pantai dengan gugusan pohon cemara udang yang menghiasi hampir seluruh tepiannya. Pantai Lombang (dalam pelafalan orang Madura disebut `lombheng`), terletak sekitar 30 kilometer di timur Pusat Kota Sumenep.


Pantai Lombang ini mulai menjadi obyek wisata favorit sejak sekitar tahun 2000 lalu, ditandai dengan kunjungan pertama para turis mancanegara ke pantai ini. Beberapa agen perjalanan yang membawa turis dari Jakarta menuju Bali biasanya juga menawarkan kunjungan beberapa hari ke pantai ini. Selain turis mancanegara, tentu saja Pantai Lombang juga menjadi lokasi yang sangat diminati oleh turis domestik, baik masyarakat Madura sendiri maupun wisatawan lokal yang datang dari Surabaya dan sekitarnya.


Pantai Lombang memiliki hamparan pasir putih sepanjang 12 kilometer. Berbeda dengan pantai lainnya yang umumnya dihiasi oleh pepohonan kelapa, di pantai ini wisatawan dapat melihat deretan pohon-pohon cemara udang. Tinggi pepohonan tersebut sekitar 4 meter di atas tanah, namun tidak dalam kondisi tegak, melainkan agak membungkuk sehingga nampak seperti udang.



Di pasir putih ini, anda juga dapat melihat bola-bola pasir kecil yang terbentuk dari galian kepiting-kepiting mini. Kepiting-kepiting tersebut cukup banyak di pantai ini, namun tidak membahayakan karena mereka biasanya akan lari atau berlindung di dalam pasir jika ada orang menghampirinya. Apabila berkunjung bersama keluarga, tak ada salahnya untuk mengajak anak-anak bermain pasir membentuk pola atau bidang tetentu. Kondisi pantai yang masih bersih dengan ombak yang relatif kecil membuat pantai ini juga cocok untuk lokasi berenang, snorkeling, atau olahraga air lainnya. Wisatawan yang belum mahir berenang, atau masih di bawah umur, dapat menyewa peralatan renang seperti ban pelampung di sekitar pantai ini.



Selain menikmati `fasilitas biasa`, wisatawan yang tak keberatan membayar uang lebih mahal dapat menikmati fasilitas yang lebih memadai seperti pelayanan yang diberikan kepada wisatawan asing. Fasilitas tersebut tak hanya berupa kunjungan untuk menikmati pesona alam Pantai Lombang, melainkan juga berbagai seni pertunjukan masyarakat setempat, menikmati pesta bakar ikan di malam hari, serta memperoleh fasilitas penginapan yang unik. Penginapan ini merupakan pondok-pondok di pinggir pantai dengan bahan dasar kayu, memakai dinding rotan, beratapkan ranting dan daun pohon cemara, serta berlantaikan pasir pantai. Selain nampak natural, pondok inap tersebut juga dilengkapi dengan ukiran dan perabot khas Madura sehingga nampak lebih eksotis.


Wisatawan yang ingin bermalam di pantai ini dapat mendirikan tenda di tepi pantai, sebab belum tersedia hotel di sekitar pantai ini. Fasilitas penginapan yang ada, yaitu pondok-pondok alami dari kayu, biasanya hanya diperuntukkan bagi peserta paket wisata dari agen perjalanan tertentu. Apabila terpaksa harus menginap, wisatawan dapat memperoleh jasa hotel di Kota Sumenep.


Di pantai ini telah tersedia kamar bilas bagi para pengunjung untuk membersihkan badan sehabis bermain pasir atau berenang. Jika ingin duduk-duduk santai, wisatawan dapat memanfaakan beberapa tempat duduk atau warung-warung kecil di pinggir pantai yang menjual `es degan` (kelapa muda) serta `rujak lontong` (rujak Madura). Di tengah teriknya matahari, rujak lontong yang lezat, serta segarnya es degan sangat cocok untuk dinikmati.




keyword
Pantai lombang,Pantai lombang,Pantai lombangPantai lombangPantai lombang,Pantai lombang,Pantai lombang,Pantai lombang,Pantai lombang,Pantai lombang,Pantai lombang,Pantai lombang,Pantai lombang,Pantai lombang,Pantai lombang,Pantai lombang,Pantai lombang,Pantai lombang,Pantai lombang,Pantai lombang,Pantai lombang,Pantai lombang,Pantai lombang,Pantai lombang,Pantai lombang,Pantai lombang,

Blog yang berisikan segala macam informasi seperti bisnis, investasi, kesehatan, musik, politik, olahraga, dsb. ARTIKEL SELANJUTNYA..... SILAHKAN BERKOMENTAR DITEMPAT YANG DISEDIAKAN, DAN JANGAN SPAM KAWANKU HEHEHE
Mau Berlangganan artikel dan tips bagus dari website ini?? Silahkan daftarkan email anda dibawah ini..

Enter your email address:

Delivered by Pay-pal-indonesia