Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Cara Memilih Makanan Yang Mudah Di Cerna Untuk Menu Buka Puasa

makananmudahdicernaBulan Ramadhan, saatnya umat muslim berpuasa. Tahukah Anda bahwa pada saat berpuasa maka kita membiarkan perut kita kosong selama lebih dari 12 jam. Oleh sebab itu memilih makanan yang tepat pada saat berbuka menjadi hal penting bagi kita untuk menjaga kesehatan perut, terlebih lagi bagi mereka yang memiliki masalah dengan perut sensitif.





Lalu bagaimana cara memilih makanan yang tepat untuk menu buka puasa? Pililah makanan yang mudah dicerna, makanan jenis ini mudah diserap oleh tubuh sehingga dapat lebih cepat menggantikan energi yang hilang akibat seharian berpuasa. Lambung kita pun akan terjaga karena tidak harus bekerja keras untuk mencerna makanan secara tiba-tiba setelah seharian kosong tanpa aktivitas.



Para ahli mengatakan bahwa makanan yang mudah dicerna adalah makanan yang rendah serat dan lemak, ini tidak berarti bahwa Anda harus menghindari fiber sama sekali melainkan Anda harus memilih makanan yang mengandung serat yang mudah larut seperti oat, barley,buah-buahan (hanya daging buahnya saja) serta kacang-kacangan.


Hindari makanan yang menggunakan banyak rempah, mengandung kadar gula tinggi, makanan dengan keasaman tinggi, coklat, minuman berkarbonasi, dan makanan yang menggunakan pemanis buatan (mengandung sorbitol), seperti gandum, kopi, minuman berakohol, soya, tomat, jagung, dan makanan berlemak disebabkan makanan tersebut menigkatkan resiko sensitifitas perut kita.


Beberapa makanan yang mudah dicerna dan sangat baik untuk menu buka puasa antara lain adalah,


Sayuran Hijau

Kubis, wortel, bayam, mentimun, terong, jamur, cauli flower, paprika hijau dan merah, dan zucchini merupakan sayuran yang mudah dicerna. Sayuran ini mengandung banyak mineral dan vitamin dan penting untuk asupan diet yang sehat.


Nasi

Terima kasih Tuhan salah satu makanan pokok kita yaitu nasi tergolong makanan yang mudah dicerna, kandungan zat dalam nasi dapat mempercepat proses digesti tubuh kita. Hindari makan roti atau roti gandum saat berbuka, jika Anda ingin guakan saja roti tawar yang telah dipanggang,  disebabkan roti yang telah dipanggang (toast) lebih mudah dicerna daripada roti biasa.


Ikan


Ikan banyak mengandung jaringan protein, rendah lemak, dan protein ikan dibangun oleh fiber berserat pendek oleh sebab itu ikan termasuk makanan yang mudah dicerna.


Buah

Buah yang mudah dicerna adalah semangka, melon, aprikot, pisang, dan peach. Direkomendasikan memakan pisang disebabkan beberapa enzim yang terkandung di dalam pisang mampu untuk mempercepat proses digesti. Hindari memakan buah beserta kulitnya, lebih baik buah seperti apel, anggur, pear dikupas terlebih dahulu sbelum dimakan.


Ayam

Siapa yang tidak suka makan ayam? Gunakan ayam tanpa kulit dan paling baik adalah bagian dada ayam tanpa tulang dan kulit.


Para ahli sangat merekomendasikan kombinasi makanan yang mudah dicerna untuk menu berbuka puasa, gunakan kombinasi nasi, sayuran yang telah dimasak, dan buah yang telah disebutkan diatas untuk mendapatkan manfaat kesehatan bagi sistem digesti kita, dengan menjaga asupan makanan yang masuk berarti kita menjaga kesehatan tubuh dan puasa kita pun akan menjadi lancar.

Blog yang berisikan segala macam informasi seperti bisnis, investasi, kesehatan, musik, politik, olahraga, dsb. ARTIKEL SELANJUTNYA..... SILAHKAN BERKOMENTAR DITEMPAT YANG DISEDIAKAN, DAN JANGAN SPAM KAWANKU HEHEHE
Mau Berlangganan artikel dan tips bagus dari website ini?? Silahkan daftarkan email anda dibawah ini..

Enter your email address:

Delivered by Pay-pal-indonesia