Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

perawatan kambing etawa

Memandikan Kambing Etawa


kambing etawaMungkin nampak terlalu berlebihan jikala dalam memelihara ternak sebangsa kambing kemudian kita memandikannya, mungkin juga sebagian orang akan bilang bahwa memandikan kambing etawa itu hanya berlebihan atau sok sok an saja.


Namun perlu kita ketahui manfaat lain yang dapat di peroleh dengan memandikan ternak khususnya kambing etawa ternyata sangatlah penting


Salah satu yang dapat kita petik manfaatnya yaitu adalah mempercepat birahi untuk kambing betina ,


Beberapa pengalaman saya dan para peternak kambing etawa umumnya di sekitar Desa Donorejo biasanya memandikan kambing betina sesaat setelah selama tiga bulan  menyusui seringkali menimbulkan birahi bagi induk .


Manfaat lain yang lebih penting juga dapat kita peroleh yaitu menekanperkembangan kutu pada bulu kambing etawa .



Seperti yang kita ketahui bahwa kutu ( tumo ) pada kambing etawa mungkin di anggap sepele namun berakibat fatal dalam perkembangan ternak kambing etawa, karena kutu tersebut menghisap darah kambing etawa melalui kulit kambing etawa , disisi lain ternak jadi agak susah makan karena terganggu saat makan harus seringkali menggigit bulu karena merasa gatal yang tentu saja saat ternak harus istirahat juga jadi agak terganggu.


Ternak kambing etawa yang di serang kutu biasanya menjadi kurus kemudian rentan ( mudah ) terserang penyakit.


Memandikan ternak kambing etawa jikala rutin dalam jangka tertentu akan sangat membantu menekan perkembangan kutu rambut serta menghindarkan penyakit penyakit kulit atau badol.


Namun walaupun memandikan ternak kambing etawa sangat baik dilakukan akan tetapi tidak boleh asal memandikan karena tidak menutup kemungkinan akan berakibat fatal hingga dapat mengakibatkan kematian ternak kambing etawa , maka dari itu sebaiknya pahami dengan baik tatacara memandikan yang lazim di lakukan oleh peternak di wilayah Desa Donorejo,Tlogoguwo,Pandanrejo dan sekitarnya


Cara memandikan Ternak


Saat memandikan ternak harus memperhatikan cuaca serta suhu alam sekitar sebaiknya pada pagi hari menjelang siang


Perhitungkan kemungkinan ternak setelah dimandikan akan mendapat sinar matahari


Basahi ternak dengan air yang di semprotkan bisa dari slang air atau menggunakan sprayer , sekedar membasahi bulu yang kemudian dilanjutkan dengan memberikan sabun untuk menghilangkan kotoran boleh dengan detergent atau sejenisnya untuk menghilangkan lemak dan kotoran yang menempel pada bulu .


Yakinkan bahwa semua busa bisa menyentuh sampai kulit .



Hindarkan mengguyur kepala kambing namun tetap harus mencuci bagian belakang kepala terutama di seputar leher sampai antara dua tanduk ,kerena umum dan seringnya di situlah kutu ( tumo ) bertelur dan berkembang biak.

Setelah semua terkena busa kemudian bilas dengan air .


Untuk Kambing yang kutunya banyak saat membilas sebaiknya air bilas di campur dengan obat kutu untuk ternak ( merk terserah )


Pada beberapa kejadian memandikan kambing kadang kala saya juga sering memberikan shampoo untuk melembutkan atau memecah gimbal pada rewos ( bulu yang memanjang di sekitar ekor ,pantat hingga kaki belakang )


Memandikan kambing biasanya saya lakukan sekitar lima belas hari sekali untuk Induk kecuali jikala Induk Kambing tersebut sudah hamil para peternak biasanya tidak memandikan ternak sampai melahirkan , karena beberapa kejadian seringkali mengganggu perkembangan kehamilan bahkan beberapa kejadian akhirnya mengakibatkan kambing etawa masuk angin dan keguguran.


Untuk Induk Kambing Etawa yang hamil sebaiknya di tunggu hingga melahirkan yang tentu saja juga tidak di perkenankan sebelum lima hari setelah melahirkan.


Sesaat setelah melahirkan kita biasanya hanya mnyemprot bagian ekor dan rewos ( seputar pantat ) dengan air hangat yang di campur obat pegusir lalat untuk membersihkan Bulu pantat dan ekor yang bermanfaat menghindarkan larva berkembang di seputar kemaluan Induk Kambing Etawa.


Memandikan kambing etawa juga akan mendapat manfaat mengurangi bau pada kambing Etawa.


Sedangkan memandikan  anakan ( cempe ) kambing etawa biasanya dilakukan setelah anakan kambing etawa berumur lebih dari dua bulan karena di kawatirkan jikala terlalu muda tidak mampu menahan dingin.



Demikian sebagian kecil manfaat memandikan kambing etawa semoga bermanfaat


Salam Peternak…..

Blog yang berisikan segala macam informasi seperti bisnis, investasi, kesehatan, musik, politik, olahraga, dsb. ARTIKEL SELANJUTNYA..... SILAHKAN BERKOMENTAR DITEMPAT YANG DISEDIAKAN, DAN JANGAN SPAM KAWANKU HEHEHE
Mau Berlangganan artikel dan tips bagus dari website ini?? Silahkan daftarkan email anda dibawah ini..

Enter your email address:

Delivered by Pay-pal-indonesia